Monday 17 December 2018

Alasan Emas Putih Tidak Berwarna Kuning

Kata Alloy bagi sebagian orang bukanlah kata yang lumrah. Alloy merupakan paduan dari beberapa campuran suatu logam dengan logam atau unsur lain. Paduan ini bisa berupa campuran sefasa, tetapi bisa juga campuran dengan berbagai macam fasa. Kata Alloy ini memiliki arti yang berbeda dibandingkan dengan para Allay penggemar B******k yang bajunya sudah diambil meski tukang jahit minta tenggat waktu baru. Walaupun berbeda, Allay ini tetap memiliki hubungan persamaan dengan Alloy yakni pada makna perpaduannya. Alloy berpadu antara satu logam dengan logam sedangkan para Allay merupakan perpaduan antara fanatisme dan ketidakwarasan.
Alloy memiliki berbagai macam fungsi. Fungsi perpaduan berbagai jenis logam ini bisa untuk peningkatan kekuatan, peningkatan daya tahan terhadap korosi, ataupun peningkatan penampilan. Salah satu contoh alloy yang digunakan untuk peningkatan kekuatan adalah baja. Baja merupakan salah satu jenis alloy yang berpadu antara besi sebagai unsur utama dengan berbagai unsur lainnya termasuk karbon. Besi yang bisa ditempa ketika berpadu dengan karbon memiliki sifat yang berbeda dibandingkan dengan karbon atau besi saja. Banyaknya kandungan karbon yang ada pada baja berada pada kisaran 0,2% hingga 2,1% dari keseluruhan komposisi baja. Karbon yang ada pada besi dapat mencegah pergeseran atom besi pada susunan logamnya sehingga tidak saling bergeser ketika ditempa seperti besi pada umumnya. Penambahan karbon dapat meningkatkan kekuatan karbon dan membuatnya menjadi getas dan tidak liat lagi.
Selain sebagai peningkatan kekuatan, alloy juga dapat membuat logam memiliki daya tahan terhadap korosi. Sering disebut sebagai Stainless steel, baja tahan karat memang mampu menahan material besi yang menjadi bahan utama ini tidak membentuk zat padat coklat-merah Fe2O3.nH2O. Zat padat coklat-merah yang biasa disebut dengan korosi menjadi tidak terbentuk karena lapisan kromium yang ada pada baja tahan karat ini. Kromium (Cr) yang ada mampu menghalangi reaksi antara besi yang ada pada baja dan menyebabkan reaksi perkaratan tidak terjadi. Selain untuk melindungi dari karat kegunaan dari Kromium ini juga membuat stainless steel memilki permukaan yang lebih menarik dan lebih mengkilat.


Emas kuning dan emas putih yang berbentuk cincin
Sama halnya dengan pelapisan kromium, emas yang awalnya berwarna kuning juga dapat mengalami penampilan dibandingkan dengan emas pada umumnya. Emas yang berwarna kuning dapat berubah menjadi putih karena berpadu dengan logam lain. Tapi yang perlu dicatat kadar emas yang kuning tetap memiliki karat 24 karat, sedangkan emas yang berwarna putih memiliki karat yang lebih sedikit. Karat yang ada pada emas berbeda dengan karat yang ada pada besi. Karat yang ada pada besi adalah pembentukan zat Fe2O3.nH2O sedangkan karat pada emas merupakan tanda kemurnian dari emas. Emas yang 24 karat dinyatakan sebagai emas yang murni atau 24/24 karat emas utuh. Kalau ada emas yang 18 karat berarti kadar emasnya 18/24 karat emas murni atau setara dengan 75%. Jika ingin mengetahui berapa berat kandungan emas murni dalam emas 21 karat yang memiliki berat 15 gram maka emas yang ada memiliki kemurnian 21/24 x 15 gram yaitu 13.125 gram.

Jadi, membeli emas putih merupakan sebuah kerugian secara ekonomi. Memang itu sebuah logika yang mendasar, namun pada kenyataannya PT Antam juga menjual emas putih dengan kadar sebesar 18 K yang artinya permintaan akan emas putih terus ada. Emas putih yang dijual oleh Antam memiliki komposisi 75% emas, 20% Paladium dan 5% perak. Ini bukan merupakan standar baku dari komposisi emas putih yang ada, malah ada yang memadukan antara emas. perak dan nikel. Walaupun memiliki karat yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan emas kuning, ternyata emas putih memiliki harga yang tinggi karena proses pembuatan yang cukup sulit. Namun, ketika dijual harganya menjadi lebih rendah karena yang “dihargai” oleh penjual emasnya adalah kadar emasnya bukan berat dari keseluruhan emas murni.
Pilihan yang saya gunakan secara pribadi adalah dengan memakai kedua jenis emas ini. Menjadi emas kuning yang memiliki cinta yang murni dan menjadi emas putih yang bening diluar suci di dalam. Aseeek.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment